Sabtu, 08 November 2014

PENGERTIAN DESAIN & PEMODELAN GRAFIS



1.      Arti kata desain, pemodelan & grafis
Seperti biasa setiap bulannya kita harus mendapatkan sebuah pembelajaran yang baru agar kedepanya wawasan kita semakin luas. Ada sebuah pepatah inggris mengatakan “Do something today that your future self will thank you for you”. Mau tau artinya cari tau sendiri. Dan pada kali ini saya akan membahasa tentang pengertian dari desain pemodelan grafik. Seperti yang kita tahu desain pemodelan grafik terdiri dari 3 buah yaitu desain, pemodelan dan juga grafik. Pada kata desain sendiri memiliki arti dan maknanya yang diambil dari kata designo, berasal dari bahasa Itali yang artinya adalah gambar. Sedangkan dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin designare yang artinya adalah merencanakan atau merancang. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain juga dapat diartikan sebagai proses untuk menggambar, merancang, membuat dan menciptakan obyek baru. Nah itu tadi arti dari kata desain pasti udah pada tau sekarang kalo belum tau ya baca lagi aja hehehe.

Kalian pasti penasaran dengan kata yang ini. Baiklah akan saya lanjut kata yang kedua yaitu pemodelan atau model. Oy !! model bukannya boneka kesenian jakarta ya, Bukan pak!! itu ondel-ondel (ada yg nyaut). Pemodelan yang satu ini berasal dari kata dasar yaitu model. Arti dari kata model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Definisi lain dari model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat presentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan sebenarnya. Sedangkan arti kata pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Wah kalian serius sekali membacanya padahal saya bercanda loh nulis dan posting di blog. Karena kalian serius kita lanjut ke kata yang ketiga.

Dan kata ketiga adalah grafik adalah mengacu  pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2, maupun 3 dimensi atau lebih. Grafik juga dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi obyek.
Jadi pengertian dari Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.
2.      Arti kata desain grafis
Desain  Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer
3.      Pemaham desain dalam suatu bidang
a.        Kesenian
Khusus dalam seni rupa, desain dapat diartikan sebagai pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual sedemikian rupa menjadi kesatan organik dan harmoni antara bagian-bagian serta secara keseluruhan. Dalam proses desain dikenal beberapa prinsip desain sebagai (1) kesatuan, (2) keseimbangan, (3) perbandingan, (4) tekanan, (5) irama, dan (6) keselarasan. Atau bisa juga Desain merupakan kegiatan reka letak atau perancangan. Hampir semua karya seni rupa melalui proses perancangan sebelum diproduksi atau diwujudkan dalam bentuk jadi yang sesungguhnya. Tetapi, pengertian desain saat ini lebih sering digunakan untuk menunjukkan proses perancangan karya-karya seni.
b.        Sistem Informasi/ IT / Teknologi
Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta diawal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dan lain-lain.
c.           Arsitektur
Arsitektur merupakan solusi dalam hal desain, interior dan ruangan. Arsitek begitu bermanfaat bagi kehidupan sehari hari. Salah satunya dapat menjadi sebagai jalan untuk menghasilkan nafkah, hanya dengan mendalami ilmu desain anda dapat menjual jasa desain interior dan sebagainya. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa desain ini. Itu pertanda bahwa jasa desain sangat diminati oleh banyak klien. Bagi pribadi, Arsitektur desan juga dapat dimanfaatkan sebagai pegangan dalam mendesain atau tata ruang rumah hunian kita sendiri. Belajar dari hal hal yang paling kecil, mendesain dan menata ruang kamar pribadi kita. Buat perubahan pada interior kamar, warna cat dinding dan lain lain. Banyak sekali yang dapat anda gali dari karya arsitektur desainer.
d.          Kedokteran
Protesis adalah pengganti kehilangan sebagian dari tubuh manusia dengan suatu bagian atau bahan tiruan, misalnya seperti mata, kaki, atau gigi. Dalam perkembangannya Prostetik adalah suatu seni dan ilmu yang berhubungan dengan mengganti bagian yang hilang dari tubuh manusia. Ini pun merupakan suatu desain menurut pemahaman dalam bidang kedokteran atau medis. Bagai mana cara mendesain gigi palsu agar pas terhadap pasien yg kehilangan giginya.
4.      Prinsip & unsur desain grafis
a.           Kesenian
Cara pengaturan, penyusunan, atau pengorganisasian unsur – unsur seni rupa/desain sehingga menjadi bentuk karya seni rupa disebut sebagai prinsip – prinsip seni rupa atau desain. Prinsip dalam seni rupa atau desain ini ada 8 macam yaitu ; kesatuan, keselarasan, penekanan, irama, gradasi, proporsi, komposisi dan keseimbangan. Unsur dalam setiap hasil karya desain grafis dan DKV terdiri dari bagian-bagian yang bisa dipelajari secara terpisah. Pada setiap hasil karya desain pasti ada minimal satu dari unsur berikut ; garis, bidang, bentuk, warna, komposisi, teksture.
b.          Arsitekur
Prinsip dalam bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau disebut  juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu  bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya  pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang (background).

5.      Pemahaman Desain & Grafis dalam karikatur
Pada pemahaman desain & grafis di dalam karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut, biasanya objek tersebut adalah waja manusia. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.
Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak dan, terutama di Inggris, telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.
Dalam membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri tersebut. Untuk itu, karikaturis membandingkan wajah subjeknya dengan wajah orang rata-rata, dan melebih-lebihkan perbedaannya. Misalnya, jika subjek karikatur memiliki hidung yang lebih panjang dibandingkan orang rata-rata, gambaran hidung subjek tersebut di karikaturnya akan jauh lebih panjang. Namun demikian, bagaimana ciri khas tersebut dilebih-lebihkan sering bergantung pada gaya menggambar masing-masing karikaturis.
6.      Contoh pemodelan grafis di bidang :
a.       Kesenian : Pada sebuah lukisan dan patung
b.      Teknologi/IT : Rancangan pembuatan animasi baik itu 2D atau 3D, rancangan pembuatan barang elektronik baik itu desain luar mau pun komponen dalamnya.
c.       Arsitektur : Rancangan sebuah jembatan, bangunan atau jalanan
d.      Kedokteran : Membuat gigi palsu, atau organ tubuh lainnya yang di rancang sesuai kebutuhan pasien atau medis.


http://en.wikipedia.org/wiki/Graphic_design
http://www.satriamultimedia.com/artikel_teori_design_grafis.html
http://www.dumetschool.com/blog/Prinsip-Prinsip-Seni-Rupa-atau-Desain
http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html
http://bimorintoko-fkg08.web.unair.ac.id/artikel_detail-38293-Umum-REMOVEABLE%20PARTIAL%20PROSTHODONTICS%20:%20TERMINOLOGI.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar