1. Arti kata desain, pemodelan & grafis
Seperti biasa setiap bulannya kita harus mendapatkan
sebuah pembelajaran yang baru agar kedepanya wawasan kita semakin luas. Ada
sebuah pepatah inggris mengatakan “Do something today that your future self
will thank you for you”. Mau tau artinya cari tau sendiri. Dan pada kali ini
saya akan membahasa tentang pengertian dari desain
pemodelan grafik. Seperti yang kita tahu desain pemodelan grafik terdiri dari 3
buah yaitu desain, pemodelan dan juga grafik. Pada kata desain sendiri memiliki
arti dan maknanya yang diambil dari kata designo, berasal dari bahasa
Itali yang artinya adalah gambar. Sedangkan dalam bahasa Inggris desain diambil
dari bahasa Latin designare yang artinya adalah merencanakan atau
merancang. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan
baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain
juga dapat diartikan sebagai proses untuk menggambar, merancang, membuat dan
menciptakan obyek baru. Nah itu tadi arti dari kata desain pasti udah pada tau
sekarang kalo belum tau ya baca lagi aja hehehe.
Kalian pasti penasaran
dengan kata yang ini. Baiklah akan saya lanjut kata yang kedua yaitu pemodelan
atau model. Oy !! model bukannya boneka kesenian jakarta ya, Bukan pak!! itu
ondel-ondel (ada yg nyaut). Pemodelan yang satu ini berasal dari kata dasar
yaitu model. Arti dari kata model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari
sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Definisi lain dari model adalah abstraksi
dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai
tingkat presentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari
realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan
sebenarnya. Sedangkan arti kata pemodelan adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai
pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah
tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan
perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Wah kalian serius sekali
membacanya padahal saya bercanda loh nulis dan posting di blog. Karena kalian
serius kita lanjut ke kata yang ketiga.
Dan kata ketiga adalah
grafik adalah mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung
menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2, maupun 3
dimensi atau lebih. Grafik juga dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan
perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses
pencetakan. Grafik adalah suatu proses pembuatan,
penyimpanan dan manipulasi obyek.
Jadi pengertian dari
Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat
objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang
diinginkan dengan bantuan software komputer.
2. Arti kata desain grafis
Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara
kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran
khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini,
sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Desain
Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain
Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja
dalam bidang ini di sebut seorang Desainer
3.
Pemaham
desain dalam suatu bidang
a.
Kesenian
Khusus
dalam seni rupa, desain dapat diartikan sebagai pengorganisasian atau
penyusunan elemen-elemen visual sedemikian rupa menjadi kesatan organik dan
harmoni antara bagian-bagian serta secara keseluruhan. Dalam proses desain
dikenal beberapa prinsip desain sebagai (1) kesatuan, (2) keseimbangan, (3)
perbandingan, (4) tekanan, (5) irama, dan (6) keselarasan. Atau bisa juga Desain
merupakan kegiatan reka letak atau perancangan. Hampir semua karya seni rupa
melalui proses perancangan sebelum diproduksi atau diwujudkan dalam bentuk jadi
yang sesungguhnya. Tetapi, pengertian desain saat ini lebih sering digunakan
untuk menunjukkan proses perancangan karya-karya seni.
b.
Sistem
Informasi/ IT / Teknologi
Penggunaan
istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong
untuk bangunan) serta diawal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur
dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk
membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan
secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran
baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai
estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang
pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa
saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dan lain-lain.
c.
Arsitektur
Arsitektur
merupakan solusi dalam hal desain, interior dan ruangan. Arsitek begitu
bermanfaat bagi kehidupan sehari hari. Salah satunya dapat menjadi sebagai
jalan untuk menghasilkan nafkah, hanya dengan mendalami ilmu desain anda dapat
menjual jasa desain interior dan sebagainya. Banyak sekali perusahaan yang
menawarkan jasa desain ini. Itu pertanda bahwa jasa desain sangat diminati oleh
banyak klien. Bagi pribadi, Arsitektur desan juga dapat dimanfaatkan sebagai
pegangan dalam mendesain atau tata ruang rumah hunian kita sendiri. Belajar
dari hal hal yang paling kecil, mendesain dan menata ruang kamar pribadi kita.
Buat perubahan pada interior kamar, warna cat dinding dan lain lain. Banyak
sekali yang dapat anda gali dari karya arsitektur desainer.
d.
Kedokteran
Protesis
adalah pengganti kehilangan sebagian dari tubuh manusia dengan suatu bagian
atau bahan tiruan, misalnya seperti mata, kaki, atau gigi. Dalam
perkembangannya Prostetik adalah suatu seni dan ilmu yang berhubungan dengan
mengganti bagian yang hilang dari tubuh manusia. Ini pun merupakan suatu desain
menurut pemahaman dalam bidang kedokteran atau medis. Bagai mana cara mendesain
gigi palsu agar pas terhadap pasien yg kehilangan giginya.
4.
Prinsip
& unsur desain grafis
a.
Kesenian
Cara
pengaturan, penyusunan, atau pengorganisasian unsur – unsur seni rupa/desain
sehingga menjadi bentuk karya seni rupa disebut sebagai prinsip – prinsip seni
rupa atau desain. Prinsip dalam seni rupa atau desain ini ada 8 macam yaitu ;
kesatuan, keselarasan, penekanan, irama, gradasi, proporsi, komposisi dan
keseimbangan. Unsur dalam setiap hasil karya desain grafis dan DKV terdiri dari
bagian-bagian yang bisa dipelajari secara terpisah. Pada setiap hasil karya
desain pasti ada minimal satu dari unsur berikut ; garis, bidang, bentuk,
warna, komposisi, teksture.
b.
Arsitekur
Prinsip
dalam bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau
disebut juga pusat perhatian, merupakan
pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai
pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur
adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur
untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk
fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang
(background).
5.
Pemahaman
Desain & Grafis dalam karikatur
Pada
pemahaman desain & grafis di dalam karikatur adalah gambar atau
penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek
tersebut, biasanya objek tersebut adalah waja manusia. Kata karikatur berasal
dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan.
Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk
menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur
dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana
kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun
editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.
Karikatur
sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad
ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak dan,
terutama di Inggris, telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. Selain
sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang
psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.
Dalam
membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas
yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri
tersebut. Untuk itu, karikaturis membandingkan wajah subjeknya dengan wajah
orang rata-rata, dan melebih-lebihkan perbedaannya. Misalnya, jika subjek
karikatur memiliki hidung yang lebih panjang dibandingkan orang rata-rata,
gambaran hidung subjek tersebut di karikaturnya akan jauh lebih panjang. Namun
demikian, bagaimana ciri khas tersebut dilebih-lebihkan sering bergantung pada
gaya menggambar masing-masing karikaturis.
6.
Contoh
pemodelan grafis di bidang :
a. Kesenian
: Pada sebuah lukisan dan patung
b. Teknologi/IT
: Rancangan pembuatan animasi baik itu 2D atau 3D, rancangan pembuatan barang
elektronik baik itu desain luar mau pun komponen dalamnya.
c. Arsitektur
: Rancangan sebuah jembatan, bangunan atau jalanan
d. Kedokteran
: Membuat gigi palsu, atau organ tubuh lainnya yang di rancang sesuai kebutuhan
pasien atau medis.
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphic_design
http://www.satriamultimedia.com/artikel_teori_design_grafis.html
http://www.dumetschool.com/blog/Prinsip-Prinsip-Seni-Rupa-atau-Desain
http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html
http://bimorintoko-fkg08.web.unair.ac.id/artikel_detail-38293-Umum-REMOVEABLE%20PARTIAL%20PROSTHODONTICS%20:%20TERMINOLOGI.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar